Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Lontong garut

        

LONTONG Masakan yang Paling Indonesia

REP | 11 May 2011 | 08:21 Dibaca: 328   Komentar: 9   Nihil
Siapa yang tidak kenal ketupat? Saya pernah ngidam makan ketupat, tapi lebaran masih lama. Terpaksa menahan keinginan itu sampai lebaran. Ketupat, sayur pepaya, semur daging, opor ayam, dan sambal pete buatan mama saya memang mantap. Tidak ada yang bisa menyamai kelezatannya. Ya iya laah… namanya beda tangan, pasti berbeda rasa. Aaah… sayang, hanya tersedia saat lebaran Idul Fitri dan Idul Adha. Mama tidak mau membuatnya selain di hari raya. Nanti tidak spesial, katanya.
Itu kan ketupat lebaran khas buatan mama saya. Kenyataannya, variasi masakan ketupat dapat dengan mudah ditemukan di seluruh Indonesia. Oh ya? Benarkah? Yap. Saya juga baru menyadarinya belakangan ini. Rasanya begitu mudah menemukan hidangan ketupat di jalan-jalan, dengan berbagai variasi bumbu.
Lontong sayur Betawi, berhubung saya tinggal di pinggiran Jakarta, mudah ditemukan di mana-mana. Lontong sama saja dengan ketupat, bedanya hanya pada pembungkusnya. Biasanya, pembuatan lontong menggunakan plastik atau daun pisang, sedangkan pembuatan ketupat menggunakan daun kelapa. Isinya sama-sama beras yang dikukus. Lauknya sayur papaya atau labu plus tempe, kerupuk, dan telur rebus. Rasanya pedas, asin, gurih. Diolah menggunakan kunyit (sehingga warna sayurnya kekuningan) dan ditambahi santan biar semakin terasa gurihnya.
Lontong sayur Padang, juga variasi lain dari ketupat, yang sebenarnya hampir mirip dengan lontong sayur Betawi. Hanya saja kuah santannya lebih kental dan lebih pedas. Perbedaan juga ada pada kerupuk yang digunakan. Kalau lontong sayur Betawi memakai kerupuk udang apa saja, lontong sayur Padang harus memakai kerupuk yang berwarna merah terang.
Gado-gado, sate, dan ketoprak, adalah variasi menu lain dari ketupat atau lontong. Masakan-masakan itu menggunakan bumbu kacang yang ditumbuk halus. Ternyata gado-gado dan ketoprak tidak hanya saya temukan di Jakarta. Ketika kuliah di Semarang, saya juga bisa menemukan semuanya dengan mudah. Ada lagi hidangan ketupat khas Semarang, mie kupat Semarang. Nah, yang ini ketupat dicampur dengan mie telur dan tauge. Di Magelang ada mie kupat tahu Magelang. Campurannya, mie, ketupat, tahu putih, tauge, kol, bakwan sayuran, disiram bumbu kacang dan kuah gula merah.
Lalu, saya menikah dengan orang Garut, dan kembali menemukan hidangan ketupat ketika pulang ke kampung halaman suami. Kupat tahu Garut. Isinya ketupat, tahu, dan tauge, disiram dengan bumbu kacang. Penjual kupat tahu di Garut, dapat ditemukan dengan mudah di seantero Kota Garut. Di Garut, kupat tahu sama terkenalnya dengan dodol garut, nasi kuning, dan bubur ayam.
Saya yakin, di daerah lain pun juga ada variasi hidangan ketupat, hanya saja saya belum mencicipinya karena belum berjalan-jalan ke seluruh Indonesia. Sebenarnya, ketupatnya sendiri itu biasa-biasa saja. Hanya beras dikukus menggunakan daun kelapa. Jika kemudian banyak orang memilih menggunakan daun pisang atau plastik (sebenarnya plastik dilarang, karena mengandung racun), itu karena mengukus menggunakan daun kelapa bisa memakan waktu lama. Jika menggunakan bahan bakar gas dan panci biasa, perlu waktu lebih dari lima jam. Boros waktu dan gas. Tetapi, kalau memakai panci presto, waktunya bisa dipersingkat.
Nah, yang membedakan beragam menu hidangan ketupat adalah lauk pauk dan bumbunya. Itu yang kemudian membentuk cita rasa ketupat khas daerah. Namun, apa pun daerahnya, ketupat tetaplah masakan yang PALING INDONESIA, karena dapat ditemukan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Ketupat berasal dari beras, beras dari padi, dan padi adalah hasil pertanian utama di Indonesia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar