Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

BUBUR GARUT

   

Bubur Garut, Makanan Berbuka Kaya Gizi

13434127541156293289
Ini sebenarnya tulisan anakku yang pernah dikirimkan ke sebuah majalah anak-anak sebagai syarat mengikuti suatu event. Kebetulan momennya pas puasa, jadi tidak ada salahnya ku sharing buat semua sahabat kompasioner yang berminat. Monggo silakan.
Adzan maghrib sebentar lagi tiba, saatnya berbuka puasa. Bunda sedang sibuk mempersiapkan hidangan pembuka puasa kami, yaitu bubur garut. Kudekati Bunda yang sedang mendidihkan satu liter air. Kemudian diberi 100 gram gula merah dan satu sendok gula pasir, serta 1 helai daun pandan. Setelah larut disaring terlebih dahulu, dan dimasak lagi. Bunda menambahkan sepucuk sendok garam agar rasa manisnya mantap. Tepung garut dimasukkan perlahan-lahan, sedikit demi sedikit sambil diaduk agar jangan sampai menggumpal. Setelah larutan matang dan mengental, api dimatikan. Tepung garut dimasukkan mangkuk dan disiram santan matang kental. Hemm…bubur garut siap disantap hangat-hangat. Meski dimakan dalam keadaan hangat tapi terasa segar dan enak, sebab sudah seharian kami berpuasa. Cukup memulihkan tenaga bagi kami untuk menunaikan sholat Maghrib, Isya’ dan Terawih. Setelah itu barulah kami siap menyantap hidangan pokok.
Kata Bunda, Garut adalah sejenis umbi akar yang bentuknya bulat memanjang. Warnanya putih mengkilat dan mempunyai kulit ari yang berlapis-lapis. Di samping rumahku, ada yang menanam garut. Pohonnya seperti bunga kana, tapi daunnya lebih sempit. Umbi garut bisa dibuat emping dengan mengiris bulat tipis-tipis dan ditumbuk melebar menyerupai bentuk emping melinjo. Bisa juga dibuat tepung dengan cara menumbuk umbi garut dan memeras airnya,kemudian diendapkan. Tepung hasil pengendapan inilah yang biasa disebut pati atau tepung garut. Tapi di musim kemarau seperti ini tanaman garut banyak yang mati. Meski begitu, Tepung garut masih bisa didapat, sebab tepung garut biasanya tahan lama sampai berbulan-bulan. Bahkan yang kering benar, bisa bertahan sampai 1 tahun.
Secara umum, masyarakat di Indonesia menyebutnya patat sagu, kemudian irut, arut, garut, maupun jelarut. Garut mempunyai nama latin Maranta arundinacea. Sejak lama masyarakat mengenal garut sebagai tanaman penghasil umbi atau rimpang yang dapat dijadikan panganan seperti halnya singkong dan ubi jalar. Kemudian ada yang dijadikan tepung untuk membuat bubur, kue-kue, bahkan candil ataupun cendol. Sedang dari hasil penelitian, diketahui bahwa bentuk, sifat, dan karakteristik tepung garut tidak jauh berbeda dengan tepung terigu, sehingga tepung garut diharapkan bisa mengantikan fungsi tepung terigu.
Di negara asal tanaman garut, yaitu Amerika, , orang Indian selalu menggunakan perasan akarnya sebagai obat luka, obat karena tusukan anak panah, dan bahkan obat luka karena gigitan serangga dan ular. Sedangkan di Filipina dan India, hancuran akar garut kemudian dijadikan bahan baku untuk pembuatan minuman beralkohol, seperti layaknya tuak dan brem di Indonesia atau sake di Jepang.
……..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar